The EFFECT OF GIVING FE TABLETS ON THE INCIDENCE OF ANEMIA IN POSTPARTUM MOTHERS AT PMB RUSMINA BANYUASIN

PENGARUH PEMBERIAN TABLET FE TERHADAP KEJADIAN ANEMIA PADA IBU NIFAS DI PMB RUSMINA BANYUASIN

  •  Vika Tri Zelharsandy STIKes Abdurahman Palembang
  •  Marchatus Soleha STIKES ABDURAHMAN PALEMBANG
Keywords: anemia, ibu nifas, tablet FE

Abstract

Anemia adalah masalah yang sering dialami oleh ibu nifas. Pada masa nifas, terjadi kehilangan darah yang menyebabkan jumlah hemoglobin di dalam tubuh menurun, sehingga menyebabkan sel-sel tubuh tidak cukup mendapatkan pasokan oksigen. Hal tersebut meyebabkan penurunan kualitas hidup, penurunan kemampuan kognitif, ketidakstabilan emosi, serta depresi pada ibu nifas Di PMB Rusmina Banyuasin Tahun 2022 didapatkan ibu hamil dengan kadar HB 8,2 gr%   sebanyak 50 orang. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pemberian tablet FE pada ibu nifas. Desain penelitian menggunakan matching pretest-post test control group design. Penelitian ini menggunakan data kohort dari ibu hamil di PMB Rusmina yang melahirkan pada bulan Desember 2022. Sampelnya ibu nifas pada bulan Desember – Januari 2023 yang datang di PMB Rusmina. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pada responden perlakuan mempunyai usia reproduksi 30 (83,3%), sebagian berpendidikan (SD dan SMP) 28 (77.8%) dan berpenghasilan sesuai UMK 22 (61.1%) sedangkan pada responden control untuk usia reproduksi25 (69%), berpendidikan (SD dan SMP) 31 (86%) dan berpenghasilan sesuai UMK 15 (41.7%).Pada analisis bivariate dengan uji kolmogorov-smirnov didapatkan p> 0.00 pada perlakuan dan kontrol. Disimpulkan bahwa diberikan dan tidak diberikan tablet FE pada ibu nifas didapatkan hasil sama berpengaruh dalam peningkatan kadar HB.Disarankansetiap ibu nifas meminum tablet FE supaya tidak terjadi anemia dan memberikan ASI pada bayinya dengan maksimal.

References

Supariasa, Nyoman ID dkk. Penilaian Status Gizi. EGC; 2002.
Liswanti Y, Ediana D. Hubungan Pengetahuan , Sikap Dan Perilaku Konsumsi Zat Cilamajang Kec . Kawalu Kota Tasikmalaya Tahun 2016. J Kesehat bakti tunas husada. 2016;16:161- 170.
Organization WH. The Global Prevalence Of Anaemia In 2011. In: geneva WHO; 2015.
Asih besty ratna, W hexawan tjahja, M erika agung. Faktor-Faktor Terjadinya Perdarahan Postpartum di Ruang Ponek RSUD Jombang. 2014.
Wirawan S, Khairul L, Nuriyansari B, ristrini. Pengaruh pemberian tablet besi dantablet besi plus vitmin C terhadap kadar hemoglobin ibu hamil ( Effect of Vitamin C and Tablets Fe on
Published
2023-03-31
How to Cite
Zelharsandy, V., & Soleha, M. (2023). The EFFECT OF GIVING FE TABLETS ON THE INCIDENCE OF ANEMIA IN POSTPARTUM MOTHERS AT PMB RUSMINA BANYUASIN. JURNAL KESEHATAN ABDURAHMAN, 12(1), 6-11. https://doi.org/10.55045/jkab.v12i1.159