FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN HASIL BELAJAR PRAJABATAN II GOLONGAN I DAN II DI BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN JAKARTA 2012

  •  Yona sari S.ST Dosen Stikes Abdurahman Palembang
Keywords: Hasil Belajar, prajabatan II, Learning Outcomes

Abstract

The word learning achievement comes from the Dutch language that is Prestatie. Kemudiaan in Indonesian becomes "Achievement" which means "result of learning" achievement in question here is none other than ability, skill, and attitude of someone in settling a thing. Prajabatan Training is an absolute requirement for the appointment of civil servants to become civil servants. General Objectives To know Factors Relating to participants learning Outcomes Gol I and II In Jakarta Training Center 2012. The research was conducted in descriptive analytic, with cross scetional approach. The population of this research is all participants of Gol II batch II and II in big hall of training center of jakarta. The sample in this study is the total population, with a population of 68 people. Data obtained, then processed using SPSS. Based on the result of the research, it is known that the result of learning is not good as many as 39 people (57,4%), good as 29 people (42,6%), age> 23 years counted 60 person (88,2%), age ≤ 23 years 8 people (11.8%), education DIII 64 people (94.1%), undergraduate 4 people (5.9%), unmarried 31 people (54.4%), married 37 people (54.4%), sickness 2 people (2.9%), healthy 66 people (97,1%), bad motivation 26 people (38,2%), good motivation 42 people (61,8%), facility utilization not support 16 people ( 23.5%), utilization of supporting facilities 52 people (76.5), incompetent widyaiswara 11 people (16.2%), competent widyaiswara 57 people (83.8%), negative learning environment 44 people (64.7 %), positive learning environment 24 people (35,7%), difficult test of 27 people (39,7%), easy test of 41 people (60,3). Research conclusion: from nine indevendent variables only two variables that have correlation with result of learning that is relation between motivation with result of learning value p = 0,005 and relation of facility utilization with result of learning value p = 0,042. From the results of this study it is suggested to BPPK Jakarta to review the assessment policy and utilize the lab. Computer, lab. Simulated Alkes and libraries in the learning process.

Kata prestasi belajar berasal dari bahasa belanda yaitu Prestatie. Kemudiaan dalam bahasa indonesia menjadi “Prestasi” yang berarti “hasil belajar” prestasi yang dimaksud disini tidak lain adalah kemampuan, keterampilan, dan sikap seseorang dalam menyelesaikan suatu hal. Diklat Prajabatan adalah syarat mutlak untuk pengangkatan CPNS menjadi PNS. Tujuan umum, Untuk mengetahui Faktor –faktor yang Berhubungan dengan Hasil Belajar Peserta Prajabatan Gol II Angkatan I dan II Di Balai Besar Pelatihan Jakarta Tahun 2012. Penelitian dilakukan secara diskriptif analitik, dengan pendekatan cross scetional. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta prajabatan  Gol II angkatan I dan II di balai besar pusat pelatihan jakarta. Sampel pada penelitian ini adalah total keseluruhan populasi, dengan jumlah populasi 68 orang. Data yang didapat, kemudian diolah menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar tidak baik sebanyak 39 orang (57,4%), baik sebanyak 29 orang (42,6%), usia > 23 tahun sebanyak 60 orang (88,2%), usia ≤ 23 tahun sebanyak 8 orang (11,8%), pendidikan DIII 64 orang (94,1%), sarjana 4 orang (5,9%), belum menikah 31 orang (54,4%), menikah 37 orang (54,4%), sakit 2 orang (2,9 %), sehat 66 orang (97,1%), motivasi tidak baik 26 orang (38,2%), motivasi baik 42 orang (61,8%), pemanfaatan sarana tidak menunjang 16 orang (23,5%), pemanfaatan sarana yang menunjang 52 orang (76,5), widyaiswara tidak kompeten 11 orang (16,2%),widyaiswara kompeten 57 orang (83,8%), lingkungan belajar negatif 44 orang (64,7%), lingkungan belajar positif 24 orang (35,7%), soal ujian sulit 27 orang (39,7%), soal ujian mudah 41 orang (60,3). Kesimpulan penelitian: dari sembilan variabel indevendent hanya dua variabel yang memiliki hubungan dengan hasil belajar yaitu hubungan antara motivasi dengan hasil belajar nilai p= 0,005 dan hubungan pemanfaatan sarana dengan hasil belajar nilai p= 0,042. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada BPPK Jakarta agar meninjau kembali kebijakan penilaian dan memanfaatkan lab. Komputer, lab. Simulasi Alkes serta perpustakaan dalam proses pembelajaran.

 

 

References

Achmad, A. 2007. Membangun Motivasi Belajar Siswa. From http://re_searchengine.com, 28 Februari 2012
Arifin, Z. 1991. Evaluasi Instruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Danim, Sudarwan. 2003. Metode Penelitian Kebidanan. Jakarta: EGC
Djamrah, Syaiful, Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta
Hastono, suntantopriyo, 2009. Statistik Kesehatan. Jakarta: Grafindo Persada
Kurniadi, Adang. Pedoman Prajabatan, from: http://abstrak.digilib.upi.edu/Direktori/DISERTASI/ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/D_ADP_07289_Chapter1.pdf, 3 April 2012
Ngalim, P. 2004. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya
Notoatmodjo, soekidjo, 2010. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineke cipta
Pakdesota. 2008. Jurnal “Motivasi dan Pembelajaran”. From www.wordpress.com, 28 Februari 2012
Prawira, Purwa Atmaja. 2012. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Rusli. 2009. Teknologi Komunikasi & Informasi dalam Pendidikan. Jakarta : GP Press.
Setiawan, S. 2008. Proses Pembelajaran Dalam pendidikan Kesehatan. Jakarta: Raja Grafindo
Sudirman, A, M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Warsiki, E. 1993. Kecemasan Pada Anak dan Remaja. Dunia Kedokteran
Winkel, W, S. 2005. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo
Wikipedia. 2012. diklat prajabatan. From, http://id.wikipedia.org/wiki/Diklat_prajabatan, 20 April 2012
Published
2013-09-16
How to Cite
S.ST, Y. sari. (2013). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN HASIL BELAJAR PRAJABATAN II GOLONGAN I DAN II DI BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN JAKARTA 2012. JURNAL KESEHATAN ABDURAHMAN, 2(2), 32-45. Retrieved from https://www.ejournal.stikesabdurahman.ac.id/index.php/jkab/article/view/25