PARITAS DENGAN KECEMASAN IBU HAMIL TRIMESTER III DALAM MENGHADAPI PERSALINAN

  •  Sartika Dwi Yolanda Putri Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Abdurahman Palembang
  •  Devy Oktarina STIKES Abdurahman Palembang
  •  Adhika Wijayanti STIKES Abdurahman Palembang
  •  Wika Sepiwiryanti STIKES Abdurahman Palembang
Keywords: Kata Kunci: Anxiety, Parity, Pregnancy, Kata Kunci: Kecemasan, Paritas, Kehamilan

Abstract

 

ABSTRACT

 

Anxiety is a feeling experienced by pregnant women without mentioning the reason, such as restlessness and restlessness, even feeling that there is a threat during pregnancy. The aim of this study was to determine the relationship between parity and anxiety of pregnant women in the third trimester when facing childbirth. The research design used is an analytical survey method with a cross sectional approach. The population of this study were all third trimester pregnant women who visited the Siti Khadijah Islamic Hospital in Palembang at the time the research was conducted, totaling 126 people, with a total sample of 56 respondents taken using simple random sampling technique. The results of this study show that there is a relationship between parity and anxiety of pregnant women at the Siti Khadijah Islamic Hospital in Palembang in 2019 (ρ value=0.030).

 

Kata Kunci: Anxiety,  Parity, Pregnancy

 

ABSTRAK

Kecemasan merupakan perasaan yang dialami ibu hamil tidak menentu sebabnya seperti gelisah dan tidak tentram, bahkan merasa ada ancaman selama masa kehamilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan paritas dengan kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi persalinan. Desain penelitian yang digunakan adalah metode survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini adalah semua ibu hamil trimester III yang berkunjung di Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang pada saat penelitian dilakukan, yang berjumlah 126 orang, dengan jumlah sampel sebanyak 56 responden yang diambil dengan tehnik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan paritas dengan kecemasan ibu hamil di Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang Tahun 2019 (ρ value=0,030).

 

Kata Kunci: Kecemasan, Paritas, Kehamilan

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Horhoruw dan Suryaningsih, 2016. Hubungan Paritas Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Dalam Menghadapi Persalinan Pada Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Jetis Kota Yogyakarta. Jurnal. Program Studi Bidan Pendidik Jenjang Diploma IV Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Natsir, 2016. Psikologi Kehamilan. Jakarta. EGC

Rohani, dkk, 2016. Asuhan Kebidanan Pada Masa Persalinan. Jakarta. Salemba Medika

Stuart, 2015. Buku Saku Keperawatan Jiwa Edisi 5. Jakarta. EGC

Yanuarini, T.A, Rahayu, Dwi E, 2017. Hubungan Paritas dengan Tingkat Kecemasan Ibu Hmil Trimester III dalam Menghadapi Persalinan. Jurnal Ilmu Kesehatan Akper Dharma Husada Kediri

Published
2024-03-18
How to Cite
Putri, S., Oktarina, D., Wijayanti, A., & Sepiwiryanti, W. (2024). PARITAS DENGAN KECEMASAN IBU HAMIL TRIMESTER III DALAM MENGHADAPI PERSALINAN. JURNAL KESEHATAN ABDURAHMAN, 13(1), 18-21. https://doi.org/10.55045/jkab.v13i1.190